Resep Cara Membuat Kue Kering Semprit Yogurt

Written By Unknown on Sabtu, 05 April 2014 | 05.16

Resep Kue Kering Semprit Yogurt. Pernah minum yogurt? Belum. Nyemplung ke got pernah, hehe. Yuk belajar resep dan proses membuat kue lebaran semprit yogurt.

Biasanya, kue semprit berbahan utama keju, namun kali ini kita akan membuat resep dengan sesuatu yang berbeda dan unik seperti yang satu ini; yogurt. Rasa asam khas yang terdapat pada yoghurt dapat membuat kue kering ini spesial dan berbeda, namun dijamin enak dan renyah. Kue kering yang satu ini sangat pas Anda hidangkan di meja tamu pada acara-acara tertentu. Namun yang pasti, Kue Kering Semprit Yogurt adalah salah satu kue khas lebaran.

Bahan :
  • 450 gram sagu, disangrai
  • 50 gram susu bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 100 gram margarin
  • 200 gram gula halus
  • 2 kuning telur
  • 100 mil yogurt
  • 200 mil santan kental

Cara Membuat Kue Kering Semprit Yogurt
  1. Campurkan sagu dan baking powder , ayak, lalu sisihkan.
  2. Masukkan santan dan yogurt sambil diaduk rata
  3. Campurkan margarin dan gula halus, kocok hingga rata, tambahkan kuning telur, dan kocok hingga mengembang dan tercampur.
  4. Tambahkan sagu, aduk kembali hingga rata.
  5. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga yang telah di beri mata spuit di sisi runcing kantong
  6. Semprot adonan bulat/panjang (sesuai selera) ke dalam loyang yang telah diolesi margarin tipis.
  7. Oven dengan suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit
  8. Keluarkan dari oven, dinginkan dengan suhu ruangan sebentar, masukkan ke dalam toples dan kue semprit yogurt siap disajikan.

Resep Cara Membuat Kue Kering Semprit Yogurt
Teknik Menyemprot Adonan Cookies
Teknik pembuatan semprit ini disebut dengan teknik semprot, karena di setiap pembuatan kukis (kue kering) akan membutuhkan alat untuk menyemprot adonan.

Ada bermacam jenis alat semprot untuk kukis semprit ini. Yang paling sederhana yaitu menggunakan plastik segitiga. Alat semprot lain yang banyak dijual dipasaran adalah alat semprot berbentuk tabung plastik atau tabung stainless steel.

Untuk beragam guratan yang cantik gunakan spuit/tube dengan aneka bentuk. Apabila anda membeli alat semprot dari tabung biasanya sudah disediakan beberapa spuit.

Mengingat adonan akan disemprot sudah tentu adonan tidak boleh terlalu padat agar hasilnya sempurna. Perhatikan saat anda membuat adonan, kocok adonan menggunakan mixer. Saat pengocokan margarin atau mentega dan gula halus sebaiknya jangan terlalu lama, cukup rata saja. Selain itu saat terigu dimasukkan gunakan sendok kayu untuk mengaduknya.

Sebaiknya adonan jangan bersentuhan dengan tangan karena suhu badan berpengaruh terhadap tekstur kukis. Adonan yang sering dipegang dengan tangan biasanya akan pecah (susah dibentuk).

Resep ini saya dedikasikan untuk Bunda Abror yang tengah mencari resep dan cara membuat kue semprit yogurt. Semoga berhasil menangguk pundi-pundi saat lebaran tiba.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Resep Kue Lebaran

Blog, Updated at: 05.16